Luasnya Neraka

Udah ketawa-ketiwi kan baca post gue sebelumnya?!, Sekarang saatnya kita merenung, simak cerita berikut :

Yazid Arraqqasyi dari Anas bin Malik ra. berkata: Jibril datang kepada Nabi saw pada waktu yg ia tidak biasa datang dalam keadaan berubah mukanya, maka ditanya oleh nabi SAW,

“Mengapa aku melihat kau berubah muka?”😦

Jawabnya : “Ya Muhammad, aku datang kepadamu di saat Allah menyuruh supaya dikobarkan penyalaan api neraka, maka tidak layak bagi orang yg mengetahui bahwa neraka Jahannam itu benar, dan siksa kubur itu benar, dan siksa Allah itu terbesar untuk bersuka-suka sebelum ia merasa aman dari padanya.”

Lalu nabi s.a.w. bersabda : “Ya Jibril, jelaskan padaku sifat Jahannam.”

Jawabnya: ” Ya. Ketika Allah menjadikan Jahannam, maka dinyalakan selama seribu tahun, sehingga merah, kemudian dilanjutkan seribu tahun sehingga putih, kemudian seribu tahun sehingga hitam, maka ia hitam gelap, tidak pernah padam nyala dan baranya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan terbuka sebesar lubang jarum niscaya akan dapat membakar penduduk dunia semuanya kerana panasnya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan satu baju ahli neraka itu digantung di antara langit dan bumi niscaya akan mati penduduk bumi kerana panas dan basinya. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan satu pergelangan dari rantai yg disebut dalam Al-Qur’an itu diletakkan di atas bukit, niscaya akan cair sampai ke bawah bumi yg ke tujuh. Demi Allah yg mengutus engkau dengan hak, andaikan seorang di ujung barat tersiksa, niscaya akan terbakar orang-orang yang di ujung timur kerana sangat panasnya, Jahannam itu sangat dalam dan perhiasannya besi, dan minumannya air panas campur nanah, dan pakaiannya potongan-potongan api. Api neraka itu ada tujuh pintu, tiap-tiap pintu ada bagiannya yang tertentu dari orang laki-laki dan perempuan.”

Nabi SAW bertanya : “Apakah pintu-pintunya bagaikan pintu-pintu rumah kami?”

Jawabnya : “Tidak, tetapi selalu terbuka, setengahnya di bawah dari lainnya, dari pintu ke pintu jarak perjalanan 70,000 tahun, tiap pintu lebih panas dari yang lain 70 kali ganda.” (nota kefahaman: yaitu yg lebih bawah lebih panas)

Tanya Rasulullah SAW : “Siapakah penduduk masing-masing pintu?”

Jawab Jibril : “Pintu yg terbawah untuk orang-orang munafik, dan orang-orang yg kafir setelah diturunkan hidangan mukjizat nabi Isa a.s. serta keluarga Fir’aun sedang namanya Al-Hawiyah.  Pintu kedua tempat orang-orang musyrikin bernama Jahim,  Pintu ketiga tempat orang shobi’in bernama Saqar.  Pintu ke empat tempat Iblis dan pengikutnya dari kaum majusi bernama Ladha,
Pintu kelima orang yahudi bernama Huthomah. Pintu ke enam tempat orang nasara bernama Sa’eir.”

Kemudian Jibril diam segan pada Rasulullah s.a.w. sehingga ditanya : “Mengapa tidak kau terangkan penduduk pintu ke tujuh?”

Jawabnya : “Di dalamnya orang-orang yg berdosa besar dari ummatmu yg sampai mati belum sempat bertaubat.”

Maka nabi s.a.w. jatuh pingsan ketika mendengar keterangan itu, sehingga Jibril meletakkan kepala nabi SAW di pangkuannya sehingga sadar kembali dan sesudah sadar nabi saw bersabda,

“Ya Jibril, sungguh besar kerisauanku dan sangat sedihku, apakah ada seorang dari ummat ku yang akan masuk ke dalam neraka?”

Jawabnya: “Ya, yaitu orang yg berdosa besar dari ummatmu.”

Kemudian nabi s.a.w. menangis, Jibril juga menangis, kemudian nabi s.a.w. Masuk ke dalam rumahnya dan tidak keluar kecuali untuk sembahyang kemudian kembali dan tidak berbicara dengan orang dan bila sembahyang selalu menangis dan minta kepada Allah.

Dari Hadits Qudsi : Bagaimana kamu masih boleh melakukan maksiat sedangkan kamu tak dapat bertahan dengan panasnya terik matahari Ku. Tahukah kamu bahwa neraka jahanamKu itu:

  1. Neraka Jahanam itu mempunyai 7 tingkat
  2. Setiap tingkat mempunyai 70,000 daerah
  3. Setiap daerah mempunyai 70,000 kampung
  4. Setiap kampung mempunyai 70,000 rumah
  5. Setiap rumah mempunyai 70,000 bilik
  6. Setiap bilik mempunyai 70,000 kotak
  7. Setiap kotak mempunyai 70,000 batang pokok zarqum
  8. Di bawah setiap pokok zarqum mempunyai 70,000 ekor ular
  9. Di dalam mulut setiap ular yang panjang 70 hasta mengandung lautan racun yang hitam pekat.
  10. Juga di bawah setiap pokok zarqum mempunyai 70,000 rantai
  11. Setiap rantai diseret oleh 70,000 malaikat

Mudah-mudahan kita menjadi individu yang lebih beriman dan bertaqwa pada Allah SWT dan tidak menyekutukannya dengan apapun.

Sekian & Terima Kasih.😉

Perihal KedaiDiamond
None..

23 Responses to Luasnya Neraka

  1. ear-fun '94 mengatakan:

    assalamualaikum wr.wb.
    saya sbgai seorang awam yang minim ilmu mau tanya.
    yang dimaksud dgn orang2 shobi’in seperti yang anda sebutkan di neraka saqar itu maksudnya orang yang seperti apa? mohon maaf. smoga anda bersedia membagi ilmu anda.

  2. Sulistya Indriani mengatakan:

    huaaa, serem banget……..

    artikelnya bagus euy !!!
    mkci yaaa

  3. Laksamana Muda mengatakan:

    Komplek NERAKA emang Dahsyat….. Lokasinya serem; Pemandangannya Lembah api; Penjaganya Kejam-kejam; Hidangannya Nanah, darah, & Bangkai; Tamannya penuh ular, kalajengking, dan banyak binatang melata nan buas; Penduduknya kumal-kumal; aktifitas penduduknya: Tiada Hari Tanpa Siksaan. Kondisi Penghuninya: Wajah mereka cacat dan terbakar – Hangus terbakar – Tubuh mereka busuk…..
    TAPI HERAN YA…. walau kondisi komplek NERAKA itu gak ada nyaman-nyamannya, kok banyak ya yang udah pada mesan kaplingannya… bahkan da pada bayar DP nya lagi……

    Salam… Lanjutnya dakwahnya Akhi fillah….

  4. akbarindonesia mengatakan:

    asslmkm…
    nice post gan….
    thx…

  5. isnuansa mengatakan:

    semoga semua terhindar dari api neraka🙂

  6. Yep mengatakan:

    Terima kasih untuk renungannya ya ? 🙂

  7. tforce2009 mengatakan:

    JAuhkan hamba-hamba-Mu dari api neraka Ya Allah.
    Amin.
    http://tforce2009.wordpress.com/

  8. Endang Kusmana mengatakan:

    Salam kenal, Makasih atas komentar postku.

    Setiap orang punya selera yang berbeda. Semua post anda hari ini saya simak dan saya baca. Bagus ! Sangat bemanfaat bagi banyak orang.
    Tapi di tulisan anda saya tidak melihat pengalaman pribadi seperti yang anda sampaikan padai komen di blog ku.

    Jadi menurut saya postingan seseorang tidak hanya cukup dari pengalaman pribadi. Inspirasi dan imajinasi seseorang membutuhkan input (berita) dari orang lain. Anda tidak suka berita, tapi yang suka berita sangat banyak, tidak masalah… sumbernya dari mana. Diantara berita yang berseliweran sebenarnya banyak yang bisa kita tangkap untuk dimanfaatkan dan diramu menjadi tulisan yang baik.

  9. ILYAS AFSOH mengatakan:

    Tulisan ini mengingatkan kesadaran ilyas afsoh untuk meningkatkan taqwa

  10. Fery mengatakan:

    Assalamu’alaikum!

    Marilah kita evaluasi setiap kegiatan kita,niat kita dan perbuatan kita. Lakukan setiap kegiatan karena Allah. Dan jangan lupa, tugas penting yang sangat penting. Yaitu berdakwah. Ajak orang-orang disekitar kita untuk memperbaiki akhlaq dan aqidah. Sampaikanlah walau satu ayat.

    Wassalamu’alaikum!

  11. faza mengatakan:

    ya Alloh.. lindungi aku dari neraka jahanam-Mu. Amieen…
    Nice post bro… aku add di tautan ya…
    c u

  12. salgadd mengatakan:

    ‘~’ seereeemm mas

  13. Dery mengatakan:

    Bagus mat!
    MANTAP!!!!!!!!

  14. Gatot muslim mengatakan:

    Semoga kita semua bukan termasuk orang-orang yang merugi. Amin.
    Tulisan yang bagus mas.
    Terima kasih.

  15. Rahmi mengatakan:

    Aku jadi takut.😦

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: