Fren, Rapatin Donk!

Melihat fenomena yang terjadi di masyarakat kita sekarang, tentang ‘sajadah’ yang dijadikan sebagai pembatas sholat antara satu dengan yang lain, ada yang make sajadahnya lebaaaaaaaaarrrr+lebaaaayyyy πŸ˜† , tapi ada juga yang memakai sajadah lebih kecil, ada pula yang g’ m’makai sajadah tapi MERAPATKAN shaf nya.

*Ana curhat bentar yaaa, Hehehe

AnaΒ  punya 2 perbandingan masjid yang sering ana datangin buat sholat, baik sholat wajib yang lima ataupun sholat-sholat sunnah yang lainnnya. Nah, disini ana melihat perbedaan fren, di masjid yang satu ini kalo sholat berjamaah shaf nya sangat sangat sangat rengaaaannggggg >.<, ini adalah contoh yang kurang baik!, ana sering mencoba merapatkan barisan, tapi sebagian besar orang belum mengerti tentang sebuah kesempurnaan sholat dengan MERAPATKAN dan MELURUSKAN shof nya ketika berjama’ah. Padahal bahaya banget nih ngomong kek gini,Β  ana bukan kiai atau ustadz, tapi fren kita musti melihat realita yang ada di masyarakat kita INDONESIA pada umumnya dan kampung lo pada khususnya. Hehehe. Masjid yang kedua lebih baik, karena ana melihat shaf nya sangatlah rapat! dan jujur az, ana lebih senang sholat disana πŸ˜€ .

Mungkin terkesan shaf sholat itu biasa ya?, <–“Yang penting kan khusyu’ nya, kedai???”

Hahahahaha, jangan salah choy!!, khusyu’ itu kalo shaf udah rapat! Supaya syetan dkk.Β  g’ bisa mengisi shaf yang renggang, kalo masih renggang, setan pasti mengganggu kita, gimana bisa khusyu’????????

Sebagai bukti, check it(story) out?!

Siang menjelang dzuhur. Salah satu Iblis ada di Masjid. Kebetulan hari itu Jum’at, saat berkumpulnya orang. Iblis sudah ada dalam Masjid. Ia tampak begitu khusyuk. Orang mulai berdatangan. Iblis menjelma menjadi ratusan bentuk & masuk dari segala penjuru, lewat jendela, pintu, ventilasi, atau masuk lewat lubang pembuangan air.

Pada setiap orang, Iblis juga masuk lewat telinga, ke dalam syaraf mata, ke dalam urat nadi, lalu menggerakkan denyut jantung setiap para jamaah yang hadir. Iblis juga menempel di setiap sajadah. “Hai, Blis!”, panggil Kiai, ketika baru masuk ke Masjid itu. Iblis merasa terusik : “Kau kerjakan saja tugasmu, Kiai. Tidak perlu kau larang-larang saya. Ini hak saya untuk menganggu setiap orang dalam Masjid ini!”, jawab Iblis ketus.

“Ini rumah Tuhan, Blis! Tempat yang suci,Kalau kau mau ganggu, kau bisa diluar nanti!”, Kiai mencoba mengusir.

“Kiai, hari ini, adalah hari uji coba sistem baru”. Kiai tercenung. “Saya sedang menerapkan cara baru, untuk menjerat kaummu”. “Dengan apa?”

“Dengan sajadah!”

“Apa yang bisa kau lakukan dengan sajadah, Blis?”

“Pertama, saya akan masuk ke setiap pemilik saham industri sajadah. Mereka akan saya jebak dengan mimpi untung besar. Sehingga, mereka akan tega memeras buruh untuk bekerja dengan upah di bawah UMR, demi keuntungan besar!”

“Ah, itu kan memang cara lama yang sering kau pakai. Tidak ada yang baru,Blis?”

“Bukan itu saja Kiai…”

“Lalu?”

“Saya juga akan masuk pada setiap desainer sajadah. Saya akan menumbuhkan gagasan, agar para desainer itu membuat sajadah yang lebar-lebar”

“Untuk apa?”

“Supaya, saya lebih berpeluang untuk menanamkan rasa egois di setiap kaum yang Kau pimpin, Kiai! Selain itu, Saya akan lebih leluasa, masuk dalam barisan sholat. Dengan sajadah yang lebar maka barisan shaf akan renggang. Dan saya ada dalam kerenganggan itu. Di situ Saya bisa ikut membentangkan sajadah”.

Dialog Iblis dan Kiai sesaat terputus. Dua orang datang, dan keduanya membentangkan sajadah. Keduanya berdampingan. Salah satunya, memiliki sajadah yang lebar. Sementara, satu lagi, sajadahnya lebih kecil. Orang yang punya sajadah lebar seenaknya saja membentangkan sajadahnya, tanpa melihat kanan-kirinya. Sementara, orang yang punya sajadah lebih kecil, tidak enak hati jika harus mendesak jamaah lain yang sudah lebih dulu datang. Tanpa berpikir panjang, pemilik sajadah kecil membentangkan saja sajadahnya, sehingga sebagian sajadah yang lebar tertutupi sepertiganya.

Keduanya masih melakukan sholat sunnah.

“Nah, lihat itu Kiai!”, Iblis memulai dialog lagi.

“Yang mana?”

“Ada dua orang yang sedang sholat sunnah itu. Mereka punya sajadah yang berbeda ukuran. Lihat sekarang, aku akan masuk diantara mereka”.

Iblis lenyap.

Ia sudah masuk ke dalam barisan shaf.

Kiai hanya memperhatikan kedua orang yang sedang melakukan sholat sunah. Kiai akan melihat kebenaran rencana yang dikatakan Iblis sebelumnya. Pemilik sajadah lebar, rukuk. Kemudian sujud. Tetapi, sembari bangun dari sujud, ia membuka sajadahya yang tertumpuk, lalu meletakkan sajadahnya di atas sajadah yang kecil. Hingga sajadah yang kecil kembali berada di bawahnya. Ia kemudian berdiri. Sementara, pemilik sajadah yang lebih kecil, melakukan hal serupa.

Ia juga membuka sajadahnya, karena sajadahnya ditumpuk oleh sajadah yang lebar. Itu berjalan sampai akhir sholat. Bahkan, pada saat sholat wajib juga, kejadian-kejadian itu beberapa kali terihat di beberapa masjid. Orang lebih memilih menjadi di atas, ketimbang menerima di bawah. Di atas sajadah, orang sudah berebut kekuasaan atas lainnya. Siapa yang memiliki sajadah lebar, maka, ia akan meletakkan sajadahnya diatas sajadah yang kecil. Sajadah sudah dijadikan Iblis sebagai pembedaan kelas.

Pemilik sajadah lebar, diidentikan sebagai para pemilik kekayaan, yang setiap saat harus lebih di atas dari pada yang lain. Dan pemilik sajadah kecil, adalah kelas bawah yang setiap saat akan selalu menjadi sub-ordinat dari orang yang berkuasa.

Di atas sajadah, Iblis telah mengajari orang supaya selalu menguasai orang lain.

“Astaghfirullahal adziiiim “, ujar sang Kiai pelan.

Nah, sekarang udah bisa mebayangkan belum, berapa banyak setan yang berkeliaran melewati shaf yang renggang!

Jadi mulai sekarang, mulailah mengajak sesama muslim untuk MERAPATKAN dan MELURUSKAN barisan ketika sholat!, jangan lah berpecah belah fren, dari cara sholat itu, sebenarnya kita sudah bisa menilai orang dari cara sholatnya, baik kesabarannya, ketenangannya, kesombongannya, keserakahannya, kita udah bisa menilai fren!

*Gw udah kayak ustadz az nih, Hehehe

Semoga pengalaman ini bisa bermanfaat bagi kita semua πŸ˜€ , bacalah dengan seksama dan dalam tempo yang selama-lamanya, resapin makna dari cerita yang sederhana nie fren, pengalaman ini dibagi dalam rangka MENCERDASKAN umat islam πŸ˜€

jdv1233107328a

Saf-1

*Maaf jika isi bog nya agak berat πŸ™‚ semoga pembaca bisa menerima nya.

Kembali ng’blog :D

Alhamdulillah, Akhirnya bisa buka WP lagi..

Udah lama g’ ngeblog niiie, mungkin udah satu bulan lamanya T_T, terakhir kali sejak mo Final Test kemaren, blog jadi g’ keurus sama sekali, mulai dari posting hal-hal baru ampe blogwalking g’ ada sama sekali, padahal kan seharusnya blog musti diurus minimal 1 minggu sekali yaaaa, Huhuhuhuhu.

Banyak komentar pending yang belom ke’approve, baru sekarang bisa approvenya, rupanya blog Q laku juga yaaa, Hehehe πŸ˜†

Buktinya masih banyak yang ngasih komentar n’ kesasar kesini, walaupun aq tinggal pergi lebih kurang satu bulan setengah lamanya, mungkin faktor blogwalking yang pernah Q lakuin dlu yaa πŸ˜€

OK2..

Sekarang kita preview sedikit apa yang terjadi dengan pemilik blog selama satu bulan setengah yang lalu, aq benar2 g’ nyentuh blog sama sekali, buka situsnya az kaga’ 😦 , syukur2 masih ingat ma username n’ pass nya, kalo lupa, bisa bikin akun baru lageee dehh, Hahaha.

Pensi sementara ng’blog dikarenakan FINAL TEST, sedikit ada kerancuan dalam menjalani FINAL TEST, yaitu terjadi KESALAHAN JADWAL FINAL TEST yang diakibatkan MISSUNDERSTANDING antara TU(Tata Usaha) dengan para mahasiswa!!! Hampir az 2 kelas yang satu kelasnya berisi 60 orang itu nilainya pada anjlok, tapi beruntunglah nilaiQ pada makul yang itu mendapat nilai ‘sangat bagus’, alhamdulillah.. πŸ˜€

Final test bisa berjalan dengan lancar, Alhamdulillah! *Ini berkat Allah SWT yang memberikan rahmatnya.

Ok lanjut!!!

Sehabis FINAL TEST usai, dilanjutkan dengan kepulangan Q menuju kampung halaman yaitu ke Banjarmasin!!!

Duuhh kangen BUNDA ma BAPAK di rumah *.*

Beli tiket seminggu sebelum kepulanganQ, mendadak banget kan?..Hehehe. Yah mau gimana lage?, udah kebelet banget mau ngelepasin kerinduan, Cieeee.

Seminggu di malang berakhir dengan pemutusan hubungan dengan internet dan packing serta beli oleh2 buat keluarga di Banjarmasin πŸ˜€

Sesampainya di Banjarmasin, semua berjalan lancar! Alhamdulillah, KHS pun udah keluar dan aq mendapat IP yang ‘sangat bagus’, semoga ini bisa dipertahankan, mengingat BAPAK ma BUNDA sangatlah bangga ketika tau aq mendapatkan IP tersebut.

A lhamdulillah,

Alhamdulillah,

Alhamdulillah,

Di Banjarmasin aktifitas Q lalui seperti biasa az, g’ ada yang beda kuk, keluar rumah kalo ada perlu doank, kalo jalan2 ke mall keknya g’ deehh, malas banget, ge pula Q bukan tipe orang yang suka jalan-jalan πŸ˜›

Setelah satu bulan berlalu di Banjarmasin, akhirnya..

BALIK KE MALANG LAGEEEE!!!!!Yeeeeeeeeeeeee..

Alhamdulillah, kembali menjadlin hubungan dengan dunia maya n’ bisa buka WP lage buat blogging dan sekarang baru keurus lah blog Β yang sederhana, tapi ANEH!!!

Kok ranking alexa Q naik yaaa?, Padahal udah satu bulan lebih g’ diurus?, Kok bisa?, ato aq yang salah liat yah!

Dulukan ranking 1, 9xx,xxx gitu tapi sekarang kok 1,488,551 seh?…

Lagi2 mendapatkan nikmat dari Allah SWT πŸ˜€

Alhamdulillah,

Alhamdulillah,

Alhamdulillah,

Yang jadi masalah adalah bukan sekarang, tapi kedepannya, apakah mungkin seorang yang sederhana seperti aq mampu mempertahankan ranking itu dan membuat lebih baik?!

LIAT KELANJUTANNYA YAH?!Hahahahaha

Tapi pada intinya, semua perjalanan hidupQ tidak lah lepas dari Rahmat Allah dan nikmatnya, maka salahkan aq jika aq ingin menjadi hamba yang lebih bersyukur?! πŸ˜€

Mungkin cukup itu dulu dari Q, kalo kalian baca pengalamanQ lebih banyak, mungkin kalian bisa muntah, Weeekkssss, Huhuhu.

Oh, iya..

Ketika aq masih di Banjarmasin, aq sempet sakit flu :(, tapi bukan flu babi kok, Hehehe

Kalian para pembaca harap menjaga kesehatan yaaa, cuaca lagi g’ menentu nih, moga2 kita semua terpelihara dari penyakit, Amiinn ya Allah.

Kado Terindah

Aneka kado ini tidak dijual di toko. Antum bisa menghadiahkannya setiap saat,dan tak perlu membeli!! Meski begitu, delapan macam kado ini adalah hadiah terindah dan tak ternilai bagi orang-orang yang Antum sayangi. πŸ˜€

  • KEHADIRAN

Kehadiran orang yang dikasihi rasanya adalah kado yang tak ternilai harganya. Memang kita bisa juga hadir dihadapannya lewat surat, telepon, foto atau fax. Namun dengan berada disampingnya. Antum dan dia dapat berbagi perasaan, perhatian, dan kasih sayang secara lebih utuh dan intensif. Dengan demikian, kualitas kehadiran juga penting. Jadikan kehadiran Antum sebagai pembawa kebahagian. :mrgreen:

  • MENDENGAR

Sedikit orang yang mampu memberikan kado ini, sebab, kebanyakan orang Lebih suka didengarkan, ketimbang mendengarkan. Sudah lama diketahui bahwa keharmonisan hubungan antar manusia amat ditentukan oleh kesediaan saling mendengarkan. Berikan kado ini untuknya. Dengan mencurahkan perhatian pada segala ucapannya, secara tak langsung kita juga telah menumbuhkan kesabaran dan kerendahan hati. Untuk bisa mendengar dengan baik, pastikan Antum dalam keadaan betul-betul relaks dan bisa menangkap utuh apa yang disampaikan. Tatap wajahnya. Tidak perlu menyela, mengkritik, apalagi menghakimi. Biarkan ia menuntaskannya. Ini memudahkan Antum memberi tanggapan yang tepat setelah itu. Tidak harus berupa diskusi atau penilaian. Sekedar ucapan terima kasihpun akan terdengar manis baginya.

  • DIAM

Seperti kata-kata, didalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai Untuk menghukum, mengusir, atau membingungkan orang. Tapi lebih dari segalanya. Diam juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya “ruang”. Terlebih jika sehari-hari kita sudah terbiasa gemar menasihati, mengatur, mengkritik bahkan mengomeli.

  • KEBEBASAN

Mencintai seseorang bukan berarti memberi kita hak penuh untuk memiliki atau mengatur kehidupan orang bersangkutan. Bisakah kita mengaku mencintai seseorang jika kita selalu mengekangnya? Memberi kebebasan adalah salah satu perwujudan cinta. Makna kebebasan bukanlah, “Kau bebas berbuat semaumu.” Lebih dalam dari itu, memberi kebebasan adalah memberinya kepercayaan penuh untuk bertanggung jawab atas segala hal yang ia putuskan atau lakukan.

  • KEINDAHAN

Siapa yang tak bahagia, jika orang yang disayangi tiba-tiba tampil lebih ganteng atau cantik?! Tampil indah dan rupawan juga merupakan kado πŸ˜€ l. Bahkan tak salah jika Antum mengkadokannya tiap hari! Selain keindahan penampilan pribadi, Antum pun bisa menghadiahkan keindahan suasana dirumah. Vas dan bunga segar cantik di ruang keluarga atau meja makan yang tertata indah, misalnya. πŸ™‚

  • TANGGAPAN POSITIF

Tanpa sadar, sering kita memberikan penilaian negatif terhadap pikiran, sikap atau tindakan orang yang kita sayangi. Seolah-olah tidak ada yang benar dari dirinya dan kebenaran mutlak hanya pada kita. Kali ini, coba hadiahkan tanggapan positif. Nyatakan dengan jelas dan tulus. Cobalah ingat,berapa kali dalam seminggu terakhir Antum mengucapkan terima kasih atas segala hal yang dilakukannya demi Antum. Ingat-ingat pula, pernahkah Antum memujinya. Kedua hal itu, ucapan terima kasih dan pujian (dan juga permintaan maaf ), adalah kado cinta yang sering terlupakan.

  • KESEDIAAN MENGALAH

Tidak semua masalah layak menjadi bahan pertengkaran. Apalagi sampai Menjadi cek-cok yang hebat. Semestinya Antum pertimbangkan, apa iya sebuah hubungan cinta dikorbankan jadi berantakan hanya gara-gara persoalan itu? Bila Antum memikirkan hal ini, berarti Antum siap memberikan kado “kesediaan mengalah” Okelah, Antum mungkin kesal atau marah karena dia telat datang memenuhi janji. Tapi kalau kejadiannya baru sekali itu, kenapa mesti jadi pemicu pertengkaran yang berlarut-larut? Kesediaan untuk mengalah juga dapat melunturkan sakit hati dan mengajak kita menyadari bahwa tidak ada manusia yang sempurna didunia ini.

  • SENYUMAN

Percaya atau tidak, kekuatan senyuman amat luar biasa. Senyuman, terlebih yang diberikan dengan tulus, bisa menjadi pencair hubungan yang beku, pemberi semangat dalam keputus asaan. pencerah suasana muram, bahkan obat penenang jiwa yang resah. Senyuman juga merupakan isyarat untuk membuka diri dengan dunia sekeliling kita. Kapan terakhir kali Antum menghadiahkan senyuman manis pada orang yang dikasihi.


Biasanya ‘benda’ bukanlah hal utama yang diinginkan oleh orang yang antum sayang, tanpa sadar, yang terpenting adalah sikap kita kepada dia, apakah kita benar-benar “care” dengannya. Karena perhatian Antum yang Antum bungkus dengan sikap-sikap seperti diatas bisa menjadi “KADO TERINDAH” dalam hidupnya :mrgreen:


*Cocok sekali buat orang yang sudah menikah dan sibuk dengan pekerjaanya sehingga melupakan keluarga dan orang-orang yang menyayanginya πŸ˜‰
*Sumbernya g’ ada, jadi g’ isa dicantumkan, kalo ada, ana akan sangat senang mencantumkannya, Maaf 😦

Rahasia di Balik Deretan Huruf Alphabet

Apa yang antum pikirkan ketika mendengar β€˜deretan huruf Alphabeth’?

  • Membosankan?
  • Biasa az, huruf A-Z?
  • 26 HURUF dunk?
  • Dari A sampai Y, saudara Meggy Z semua(Meggy A, Meggy B, Meggy C, dst) πŸ˜›

Adalah kreatif jika menjadikan hal biasa menjadi luar biasa! Ok, Check it out! :mrgreen:

A : ACCEPT
Terimalah diri anda sebagaimana adanya dan syukuri.

B : BELIEVE
Percayalah terhadap kemampuan anda untuk meraih apa yang anda inginkan dalam hidup.

C : CARE
Pedulilah pada kemampuan anda meraih apa yang anda inginkan dalam hidup.

D : DIRECT
Arahkan pikiran pada hal-hal positif yang meningkatkan kepercayaan diri.

E : EARN
Terimalah penghargaan yang diberi orang lain dengan tetap berusaha menjadi yang terbaik.

F : FACE
Hadapi masalah dengan benar dan yakin.

G : GO
Berangkatlah dari kebenaran.

H : HOMEWORK
Pekerjaan rumah adalah langkah penting untuk pengumpulan informasi.

I : IGNORE
Abaikan celaan orang yang menghalangi jalan anda mencapai tujuan.

J : JEALOUSLY
Rasa iri dapat membuat anda tidak menghargai kelebihan anda sendiri.

K : KEEP
Terus berusaha walaupun beberapa kali gagal.

L : LEARN
Belajar dari kesalahan dan berusaha untuk tidak mengulanginya.

M : MIND
Perhatikan urusan sendiri dan tidak menyebar gosip tentang orang lain.

N : NEVER
Jangan terlibat skandal seks, obat terlarang, dan alkohol(Maksiat).

O : OBSERVE
Amatilah segala hal di sekeliling anda. Perhatikan, dengarkan, dan belajar dari orang lain.

P : PATIENCE
Sabar adalah kekuatan tak ternilai yang membuat anda terus berusaha.

Q : QUESTION
Pertanyaan perlu untuk mencari jawaban yang benar dan menambah ilmu.

R : RESPECT
Hargai diri sendiri dan juga orang lain.

S : SELF CONFIDENCE, SELF ESTEEM, SELF RESPECT
Percaya diri, harga diri, citra diri, penghormatan diri membebaskan kita dari saat-saat tegang.

T : TAKE
Bertanggung jawab pada setiap tindakan anda.

U : UNDERSTAND
Pahami bahwa hidup itu naik turun, namun tak ada yang dapat mengalahkan anda.

V : VALUE
Nilai diri sendiri dan orang lain, berusahalah melakukan yang terbaik.

W : WORK
Bekerja dengan giat, jangan lupa berdo’a.

X : X’TRA
Usaha lebih keras membawa keberhasilan.

Y : YOU
Anda dapat membuat suatu yang berbeda.

Z : ZERO
Dari nol menjadi super-hero πŸ˜€

Dan akhirnya, sesuatu yang kita anggap β€˜biasa’ di kehidupan, bisa jadi pelajaran berharga πŸ˜€ .

*Sekaligus belajar bahasa Inggris πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

Siapa Orang Yang Paling Sibuk, Manis, Cantik, Dll

Ini bisa jadi pelajaran yang bagus bagi pembaca terlebih bagi ana πŸ˜€

Check it out!

Siapakah orang yang sibuk?..
Yaitu orang yang suka menyepelekan waktu solatnya seolah-olah ia mempunyai kerajaan seperti kerajaan Nabi Sulaiman as.
Maka sempatkanlah bagimu untuk beribadah dan bersegeralah!

Siapakah orang yang manis senyumanya?..
Yaitu orang yang ditimpa musibah lalu dia berucap “Inna lillahi wainna illaihi rajiuun.” Kemudian berkata, “Ya Rabb, Aku ridho dengan ketentuanMu ini”, sambil mengukir senyuman.
Maka berbaik hatilah dan bersabar!

Siapakah orang yang kaya?..
Yaitu orang yang bersyukur dengan apa yang ada dan tidak lupa akan kenikmatan dunia yang sementara ini. Maka bersyukurlah atas nikmat yang kau terima dan berbagilah!

Siapakah orang yang miskin?..
Yaitu orang tidak puas dengan nikmat yang ada selalu menumpuk-numpukkan harta.
Maka janganlah kau menjadi kikir juga dengki!

Siapakah orang yang rugi?..
Yaitu orang yang sudah sampai usia pertengahan namun masih berat untuk melakukan ibadat dan amal-amal kebaikan.
Maka hargailah waktumu dan Bersegeralah beribadah!

Siapakah orang yang paling cantik?..
Yaitu orang yang mempunyai akhlak yang baik.
Maka peliharalah akhlakmu dari dosa dan noda!

Siapakah orang yang mempunyai akal ?..
Yaitu orang-orang yang menghuni syurga kelak karena telah menggunakan akalnya sewaktu didunia untuk menghindari siksa neraka.
Maka peliharalah akal sehatmu dan pergunakan semaksimal mungkin untuk mengharap ridho-Nya!

Siapakah orang yang mempunyai rumah paling luas?..
Yaitu orang yang mati membawa amal kebaikan dimana kuburnya akan diperluaskan sejauh mata memandang.
Maka beramal shalehlah selagi sempat dan mampu!

Siapakah orang yang mempunyai rumah yang sempit lagi dihimpit?..
Yaitu orang yang mati dengan tidak membawa amal-amal kebaikan lalu kuburnya menghimpitnya.
Maka ingatlah akan adanya kematian dan kehidupan setelah dunia!

Sekian & Terima Kasih.

*Kedai